PostHeaderIcon MARAH TETAPI JANGAN BERBUAT DOSA!

EFESUS 4:26SUS 4:26
English: King James Version (1611) - KJV

Izbrano poglavje ne obstaja!

WP-Bible plugin

Ephesians 4:26Ephesians 4:26
English: King James Version (1611) - KJV

26 Be ye angry, and sin not: let not the sun go down upon your wrath:  

WP-Bible plugin
   26 Apabila kamu menjadi marah, janganlah kamu berbuat dosa: janganlah matahari terbenam, sebelum padam amarahmu

“Mama tahu apa yang dilakukan si Kadiman tadi?” Tomi mengomel sambil dia masuk ke dalam dapur. “Dia dorong saya sampai saya terjatuh ke lantai. Saya terluka. Saya akan balas suatu hari nanti…”

Mama memeriksa luka-luka di lengan dan kaki Tomi, tetapi Mama berkata: “Mama mengerti kalau kamu marah, tetapi ingatlah bahwa Alkitab berkata kita perlu untuk selalu berhati-hati dengan sikap kita, khususnya ketika kita sedang marah kepada seseorang. Walaupun ketika kita marah, pastikan untuk tetap bersikap sesuai dengan yang Tuhan kehendaki.”

Keesokan hari, Tomi berjalan menuju ke rumah Kevin untuk bermain bola. “Senang-senang ya, nak,” Mama memberi semangat sambil berpesan, “dan kalau Kadiman juga datang, tidak perlu melakukan sesuatu yang kamu akan membuat kamu menyesal, ya.”

Mama sedang menyiapkan makan malam ketika Tomi tiba di rumah.
“Saya terjatuh tadi di rumah Kevin, tetapi Kadiman juga terjatuh hingga parah.” Katanya sambil tersenyum. “Tapi bukan karena saya, Ma,” lanjut Tomi begitu melihat mamanya merengutkan dahinya. “Kadiman tersandung ketika berlari mengejar bola, saya tawarkan dia bantuan, tapi dia malah tidak mau bicara sepatah kata pun. Dia tidak tahu budi, Ma,” lanjut Tomi dengan nada protes.
“Jika hatimu melakukannya untuk Tuhan, maka kamu bisa,” Mama memberi semangat. “Seperti sekelompok bunga mawar dan sebuah tong sampah. Apa yang terjadi jika kita terjatuh ke dalam sebuah tong sampah?”

“Tentu saja akan sangat kotor dan berbau busuk,” sahut Tomi dengan heran menjawab pertanyaan mamanya. Mama menganggukkan kepala. “Ya, karena itu adalah bau yang sesungguhnya dalam sebuah tong sampah. Beda dengan bau yang dikeluarkan oleh bunga mawar.”

“Saya tidak pernah mencium bunga mawar!” protes Tomi. “Walaupun kamu tidak harus pernah mencium secara langsung, tetapi kamu tahu bahwa mawar mempunyai berbau wangi dan Tuhan membuat mereka seperti itu” kata Mama dengan tersenyum. “Kamu memang marah sekali terhadap Kadiman, tetapi kasih Tuhan yang ada di dalam hati kamu itu, tetap saja nyata. Dan hari ini juga nyata.”

RENUNGKAN: Apa yang ‘keluar’ dari dalam dirimu ketika kamu ditertawakan atau dibuat jatuh? Yang ada balas dendam atau kasih Tuhan?

DOAKAN: Tuhan Yesus, tolong saya untuk tidak berdosa, khususnya ketika saya sedang marah. Saya sekarang tahu bahwa itu bukanlah hal yang mudah, oleh sebab itu saya membutuhkan pertolongan Tuhan. Setiap orang kadang bisa menjadi marah, tetapi tolonglah saya untuk menyelidiki diri saya sendiri ketika marah. Dalam nama Tuhan Yesus saya berdoa, amin.

 

 

Share

Comments are closed.

Categories